Siapkan Datamu: Beasiswa Prodi Keagamaan Tahun 2019 Dibuka

Rangkang Edukasi, Beasiswa merupakan bentuk bantuan yang bertujuan untuk membantu seorang talib yang sedang menempuh proses studi pada instansi pendidikan tertentu agar mampu menyelesaikan tugasnya dalam proses penggarapan dan pendalaman jenis pengetahuan tertentu sampai selesai. Beasiswa dalam bentuk bantuan dapat berbentuk dana sebagai penunjang biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh talib selama menempuh masa pendidikannya dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Meskipun banyak sejumlah pakar telah memaparkan ragam definisi yang berbeda, namun dalam konteks institusional, beasiswa dipandang sebagai bentuk apresiasi lembaga pendidikan yang diberikan kepada setiap individu yang berprestasi agar dapat melanjutkan pendidikan ke tahap yang lebih tinggi. Penghargaan tersebut dapat berbentuk akses tertentu pada suatu instansi atau dapat pula berupa bantuan keuangan.

UIN Ar-Raniry Banda Aceh, pada medio Tahun 2019 kembali membuka kesempatan bagi mahasiswanya untuk memperoleh beasiswa bagi seluruh Program Studi Keagamaan yang mencakup keseluruhan Fakultas. Beasiswa ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama Republik Indonesia yang bertujuan:
  • Membantu tullab yang memiliki kesulitan dalam biaya pendidikan agar dapat melanjutkan proses penggalian ilmu pengetahuan sesuai bidang ilmu yang hendak dikuasai.
  • Menciptakan pemerataan ilmu pengetahuan bagi sejumlah orang yang berkepentingan untuk mewujudkan cita-cita.
  • Mencetak generasi baru yang lebih cerdas dan siap pakai sesuai kebutuhan market share dan local wisdom.
  • Tersedianya human resource baru yang handal dan saling memberi masukan dengan bantuan ide-ide cemerlang dan ilmu pengetahuan yang diperolehnya pada masing-masing lembaga pendidikan untuk pembangunan nasional.
Dalam kesempatan ini, redaksi REd ingin berbagi informasi tentang persyaratan apa saja yang harus disiapkan oleh mahasiswa untuk memperoleh beasiswa tersebut, di antaranya:

Kriteria Umum

  • Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada Semester Genap TA.2018/2019 dibuktikan dengan surat keterangan aktif kuliah.
  • Sedang menjalani proses perkuliahan pada Semester VI dan VIII.
  • Kelengkapan berkas akan diverifikasi oleh masing-masing Prodi di tingkat Fakultas.
  • Berkas usulan dikirim dalam bentuk soft dan hardcopy, paling lambat 15 Mei 2019. 
  • Dokumen softfiles dikirimkan via email wadek3.ftk@ar-raniry.ac.id (khusus mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry), sedangkan dokumen hardcopy diantar langsung ke ruang kerja Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama oleh mahasiswa yang bersangkutan setelah diperiksa oleh masing-masing Ketua Prodi. Khusus untuk FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh memperoleh kuota sebanyak 12 orang untuk masing Prodi Keagamaan dengan rincian sbb:
    • PAI sebanyak 3 orang
    • PBA sebanyak 3 orang
    • MPI sebanyak 2 orang
    • PGMI sebanyak 2 orang
    • PIAUD sebanyak 2 orang

Lampiran Dokumen

  • Biodata (curriculum vitae) yang diketahui oleh Ketua Prodi/Wakil Dekan Bidang Kemahasiswa dan Kerjasama.
  • Fotokopi KTM atau surat keterangan pengganti KTM bagi yang sudah hilang.
  • Fotokopi bukti pembayaran SPP/UKT Semester Genap TA.2018/2019 yang telah disahkan oleh Ketua Prodi.
  • KHS Semester Gasal TA.2018/2019 yang telah disahkan oleh Ketua Prodi.
  • Surat keterangan aktif kuliah yang telah disahkan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, download
  • Transkrip akademik yang telah disahkan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan setelah memperoleh persetujuan dari Ketua Prodi. Adapun dokumen transkip akademik dapat diperoleh melalui Program Studi masing-masing.
  • Surat keterangan tidak sedang menerima beasiswa lain yang telah ditandatangani oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, download
  • Surat keterangan tidak bekerja sebagai PNS tanda tangan sendiri di atas materai 6000.

Jenis Beasiswa

Meskipun kesempatan tersebut sedang dalam proses penginputan, masih banyak kesempatan lainnya bagi tullab untuk memperoleh beasiswa lain sesuai bentuk dan jenis beasiswa yang ditawarkan. Berikut redaksi REd akan membagikan informasi penting lainnya terkait dengan bentuk dan jenis beasiswa dimaksud.

Beasiswa Penghargaan

Beasiswa ini seringkali ditawarkan kepada sejumlah kandidat yang memiliki keunggulan akademik. Beasiswa ini diberikan menurut prestasi akademik yang telah dicapai oleh setiap talib secara keseluruhan. Biasanya, indikator pengukuran lebih dominan pada tahapan pencapaian nilai Index Prestasi Kumulatif  (IPK) setiap semester.

Beasiswa Bantuan

Jenis beasiswa ini bertujuan untuk mendanai kegiatan akademik tullab yang memiliki kesulitan dalam memenuhi biaya kuliah. Namun di sisi lain, talib tersebut memiliki prestasi yang baik dalam tinjauan academic archivement. Komite beasiswa seringkali memberikan beberapa penilaian terkait dengan jenis beasiswa ini, di antaranya jumlah pendapatan orang tua per bulan, jumlah saudara kandung dalam keluarga yang sama-sama sedang menempuh pendidikan, jumlah pengeluaran rutin orang tua per bulan, biaya listrik/PDAM per bulan, dan lain sebagainya.

Beasiswa Atlit

Dalam skala Perguruan Tinggi, Universitas seringkali merekrut sejumlah atlit berbakat untuk mendapatkan sejumlah beasiswa dan dijadikan sebagai tim atletik pada Perguruan Tinggi tersebut. Banyak Perguruan Tinggi di Indonesia termasuk juga di Aceh yang merekrut sejumlah atlit untuk menjadi mahasiswa terbaiknya agar dapat mendongkrak prestasi akademik kampus pada cabang olahraga yang digelar secara Nasional.

Bagi Anda seorang atlit, memiliki kesempatan besar untuk memperoleh sejumlah beasiswa pada Perguruan Tinggi tertentu untuk masa depan Anda. Sebaiknya, jangan pernah berhenti untuk berolahraga dan selalu jadi yang terbaik sesuai kemampuan yang Anda miliki dan liriklah PTN/PTS yang memiliki kualitas unggul dalam lingkup keilmuan sesuai dengan bakat dan minat Anda.

Beasiswa Penuh

Mayoritas talib berasumsi bahwa beasiswa diberikan kepada setiap penerima untuk menutupi kebutuhan akademik secara keseluruhan. Namun tidak semua provider beasiswa menawarkan beasiswa secara penuh.

Kebanyakan provider beasiswa akan memberi kesempatan kepada fellowers untuk memperoleh beasiswa secara penuh pasca penandatanganan MoU antara kedua Negara atau kedua PTN/PTS dengan Negara atau PTN/PTS yang memiliki komitmen sama untuk memajukan berbagai aspek pembangunan sesuai kepentingannya di setiap Negara atau PTN/PTS tersebut.

Namun, kemampuan dalam menguasai bahasa asing (Arab, Inggris, Jerman, Mandarin, dsb) seringkali menjadi salah satu persyaratan yang harus dikuasai oleh fellowers sesuai standar internasional yang berlaku pada masing-masing PTN/PTS atau Negara yang akan dituju. Bentuk penguasaan bahasa asing ini dibuktikan dengan score yang diperoleh melalui tes kemampuan bahasa, seperti TOEFL, TOAFL, IELT, ITP-TOEFL, dan lain sebagainya.

Hampir seluruh PTN/PTS yang terakreditasi A/B telah menyelenggarakan pelaksanaan ujian tes bahasa asing dan bisa diikuti oleh seluruh komponen masyarakat sesuai persyaratan dan ketentuan yang belaku pada masing-masing institusi.

Beasiswa Lainnya

Digital Talent Scholarship, kunjungi web
Beasiswa Program Peningkatan Kualifikasi Akademik S2 (Magister PAI), kunjungi web
Beasiswa Djarum 2019, kunjungi web

Post a Comment

0 Comments